Cara Menumbuhkan Kreativitas Anak Mam dan Pap

Cara Menumbuhkan Kreativitas Anak Mam dan Pap Cara Menumbuhkan Kreativitas Anak Mam dan Pap

Penting untuk menumbuhkan kreativitas anak Mam dan Pap. Pasalnya, kreativitas adalah salah satu kunci atau modal awal bagi lahirnya kemampuan lain, seperti kemampuan menyelesaikan masalah dan mencoba hal-hal baru. Dengan menumbuhkan kreativitas anak sedini mungkin, Mam dan Pap berarti juga turut mempersiapkan kesuksesan mereka di masa mendatang lebih awal. 

Untuk menumbuhkan kreativitas anak sejak dini, sebetulnya tidak sulit. Terlebih, pada usia-usia Si Kecil, semangat serta kemampuan belajarnya masih tinggi. Mam dan Pap bisa mulai menumbuhkan kreativitas anak dengan mengajak Si Kecil melakukan beberapa kegiatan sederhana. Kegiatan sederhana tersebut bahkan bisa dikemas dengan menyenangkan dan dilakukan di rumah. Mam dan Pap mau coba? Berikut tipsnya!

Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Membebaskan Si Kecil Bereksplorai

Kreativtias akan tumbuh seiring dengan munculnya rasa ingin tahu Si Kecil. Oleh sebab itu, berikanlah ia ruang untuk bereksplorasi. Biarkan Si Kecil menemukan dan mengenali hal-hal baru. Misalnya dengan memperdengarkan aneka suara atau memperlihatkan berbagai macam bentuk dan warna.

Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Mengajak Si Kecil Berkreasi

Kreativitas juga erat kaitannya dengan kemampuan menciptakan sesuatu. Karena itu, menumbuhkan kreativitas anak Mam dan Pap bisa dilakukan dengan mendorong Si Kecil untuk berkreasi. Misalnya saja dengan mengajak Si Kecil menggambar, mewarnai, atau menggunting kertas dengan gunting tumpul.

Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Melatih Keseimbangan Otak Kanan dan Kiri Si Kecil

Sehari-hari, Si Kecil mungkin sudah dibiasakan untuk lebih banyak menggunakan tangan kanan dalam beraktivitas. Hal ini dapat membuat otak kanan Si Kecil bekerja lebih dominan. Padahal, kreativitas membutuhkan keseimbangan otak kanan dan kiri. Maka, untuk menumbuhkan kreativitas anak Mam dan Pap, otak kanan dan kiri Si Kecil perlu diseimbangkan lagi. Salah satu caranya bisa dengan bermain lempar tangkap bola.

Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Mendorong Si Kecil Berimajinasi

Imajinasi adalah "sumber energi" bagi kreativitas. Dengan berimajinasi, Si Kecil secara tidak langsung akan melatih kemampuan berpikir kreatif. Mam dan Pap perlu mendorong dan memfasilitasi Si Kecil agar dapat sering-sering berimajinasi. Contohnya dengan menyediakan perlengkapan mainan untuk bermain role play

Menumbuhkan Kreativitas Anak dengan Memperkenalkan Minat atau Hobi Mam dan Pap kepada Si Kecil

Anak-anak seusia Si Kecil belajar lebih banyak dari apa yang ia lihat sehari-hari. Mereka adalah "sponge" yang mudah menyerap dan meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar. Apabila Mam dan Pap melakukan sesuatu, besar kemungkinan Si Kecil akan mengikuti. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan kreativitas anak Mam dan Pap. Sekali-kali, cobalah kerjakan minat atau hobi Mam dan Pap di hadapan Si Kecil. Jika Mam dan Pap gemar fotografi, misalnya. Tunjukkan bagaimana cara menggunakan kamera dan seperti apa hasil foto yang didapat. Apabila Si Kecil menunjukkan ketertarikan, Mam dan Pap bisa mengajaknya melakukan kegiatan tersebut bersama-sama. 

Supaya lebih mudah menerapkan cara-cara menumbuhkan kreativitas anak di atas, Mam dan Pap bisa memanfaatkan reward atau hadiah dari Wyeth Nutrition S-26 Loyalty Program. Ada mainan edukatif berupa Smart Bus serta Stimulation Box yang bisa digunakan Si Kecil untuk mengeksplor suara, bentuk, dan warna. Ada Kiddy Fun Tabletop Games serta Ring Basket Ball untuk melatih keseimbangan otak. Ada Studio Art Desk untuk tempat Si Kecil berkreasi, Little Tikes Anchors Away Pirate Ship untuk bermain role play, kamera untuk hobi Mam atau Pap, dan masih banyak lagi. Daftar lengkapnya bisa dicek di katalog reward atau hadiah Wyeth Nutrition S-26 Loyalty Program

Perlu diketahui, setiap jenis reward atau hadiah dalam katalog tersebut jumlahnya terbatas. Jenis reward atau hadiah bisa berubah walau nilai harganya akan tetap sama. Jadi, jika sudah mengincar salah satu reward atau hadiah yang bisa dipakai untuk menumbuhkan kreativitas anak, jangan sampai kehabisan. Yuk, segara daftar jadi member, tabung poin sebanyak-banyaknya, lalu tukar poin Wyeth Nutrition S-26 Loyalty Program dengan reward atau hadiah yang paling Mam dan Pap inginkan.